1 edition of Aspek hukum pengelolaan sumber daya hayati (ikan) di perairan nasional zona ekonomi eksklusif Indonesia found in the catalog.

Aspek hukum pengelolaan sumber daya hayati (ikan) di perairan nasional zona ekonomi eksklusif Indonesia

laporan penelitian

  • 92 Want to read
  • 1305 Currently reading

Published by Administrator in Lembaga Penelitian, Universitas Hasanuddin

    Places:
  • United States
    • Subjects:
    • Lembaga Penelitian, Universitas Hasanuddin


      • Download Aspek hukum pengelolaan sumber daya hayati (ikan) di perairan nasional zona ekonomi eksklusif Indonesia Book Epub or Pdf Free, Aspek hukum pengelolaan sumber daya hayati (ikan) di perairan nasional zona ekonomi eksklusif Indonesia, Online Books Download Aspek hukum pengelolaan sumber daya hayati (ikan) di perairan nasional zona ekonomi eksklusif Indonesia Free, Book Free Reading Aspek hukum pengelolaan sumber daya hayati (ikan) di perairan nasional zona ekonomi eksklusif Indonesia Online, You are free and without need to spend extra money (PDF, epub) format You can Download this book here. Click on the download link below to get Aspek hukum pengelolaan sumber daya hayati (ikan) di perairan nasional zona ekonomi eksklusif Indonesia book in PDF or epub free.

      • In Indonesian, with summary in English.Includes bibliographical references (leaf 22).

        StatementLembaga Penelitian, Universitas Hasanuddin
        PublishersLembaga Penelitian, Universitas Hasanuddin
        Classifications
        LC Classifications1999
        The Physical Object
        Paginationxvi, 76 p. :
        Number of Pages86
        ID Numbers
        ISBN 10nodata
        Series
        1nodata
        2
        3

        nodata File Size: 7MB.


Share this book
You might also like

Aspek hukum pengelolaan sumber daya hayati (ikan) di perairan nasional zona ekonomi eksklusif Indonesia by Lembaga Penelitian, Universitas Hasanuddin Download PDF EPUB FB2


Sebagaimana disebutkan di atas, bahwa masalah penegakan hukum ataupun pengawasan ini menjadi lebih berat lagi jika diperhitungkan bahwa daerah-daerah yang diliputi pengawasan tersebut tidak hanya terbatas pada perairan Nusantara dan laut wilayah 12 mil itu, tetapi juga landas kontinen dan zona Ekonomi eksklusif Indoensia selebar 200 mil laut. Secara geografis Indonesia terletak di atas tiga lempeng aktif besar dunia yaitu lempeng Indo-Australia, Eurasia, dan Pasifik.

Penangkapan tersebut tidak selalu dapat dilaksanakan sesuai dengan batas waktu penangkapan yang ditetapkan dalam UU No.

Arti Zona Ekonomi Eksklusif dan Dasar Hukumnya

Saat ini sekitar 28 juta hektar hutan produksi pengelolaannya dikuasai oleh 267 perusahaan HPH atau rata-rata 105. Disisi lain, pengumuman tentang landas Kontinen tidak memerlukan dukungan internasional kerana Pengumuman itu dikeluarkan setelah berlangsungnya konferensi Jenewa 1958. ZEE diatur pada Bab V dari UNCLOS 1982. Peraturan Perundang-undangan Nasional Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1983 tentang Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia, LNRI Tahun 1983 Nomor 44, TLNRI Nomor 3260.

Oleh karena itu kepentingan pemanfaatan sumber daya perikanan tersebut yang dilakukan oleh suatu negara tidak terlepas pada kepentingan negara lain. Ketiga, adalah masalah penyelundupan baik manusia, senjata ringan, dan narkotika.

Sumber daya alam dimanfaatkan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat dengan tetap memperhatikan kelestarian fungsi lingkungan hidupnya. Akan tetapi, bidang tersebut juga mampu mengantarkan Indonesia menjadi bangsa yang maju.

Dalam syarat-syarat perjanjian atau persetujuan internasional dicantumkan hak-hak dan kewajiban-kewajiban yang harus dipatuhi oleh mereka yang melakukan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi di zone tersebut, antara lain kewajiban untuk membayar pungutan kepada Pemerintah Republik Indonesia. 15 9 Belum memadainya prasarana ekonomi dan sarana sistem transportasi dan komunikasi untuk mendukung distribusi atau penyampaian delivery produk perikanan dari produsen ke konsumen secara tepat waktu, terutama di luar Jawa dan Bali Barani, 2004.

Akhirnya penyempurnaan itu terlihat dalam ketentuan pasal 76 UNCLOS 1982.

Pengawasan Penangkapan Ikan di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia dalam Membangun Poros Maritim Indonesia

6 Terjadinya kerusakan lingkungan ekosistem laut, seperti kerusakan hutan mangrove, terumbu karang, dan padang lamun seagrass bedsyang sebenarnya merupakan tempat habitat ikan dan organisme laut lainnya berpijah spawning groundmencari makan feeding groundatau membesarkan diri nursery ground. 4 Grafik Produksi Perkembangan Perikanan Menurut Budidaya Dalam periode 2003-2007, produksi perikanan budidaya mengalami peningkatan rata- rata per tahun sebesar 26.

Dewasa ini permintaan terhadap jasa lingkungan mulai meningkat, khususnya untuk air minum kemasan, obyek penelitian, wisata alam, dan sebagainya.